Profil

    Lentera Anak Pelangi (LAP) adalah sebuah program pendampingan anak dengan HIV di DKI Jakarta. LAP merupakan program layanan masyarakat Pusat Penelitian HIV Atma Jaya yang secara khusus melayani anak terinfeksi HIV dan keluarga.

    Visi

    Lentera Anak Pelangi memiliki visi untuk menjadi pemberi layanan multidisiplin yang terkemuka yang meningkatkan kualitas hidup anak yang terdampak HIV di DKI Jakarta.

    Misi

    • Mengurangi angka kesakitan dan kematian pada anak dengan HIV lewat peningkatan status kesehatan dan gizi anak.
    • Meningkatkan kesejahteraan psikososial anak dan keluarga lewat pendidikan keterampilan hidup.
    • Mencegah anak-anak dari pengabaian atau penelantaran.
    • Mengembangkan model intervensi yang dapat diterima dalam memitigasi dampak HIV pada anak-anak dan keluarga mereka.

    Penerima Manfaat

    Anak berusia 18 bulan hingga 18 tahun yang terinfeksi HIV di 5 wilayah DKI Jakarta dan beberapa di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Hingga Maret 2019 ada 200 anak yang didampingi, 101 di antaranya HIV+.

    Partner

    Hingga Januari 2019 Lentera Anak Pelangi telah memiliki sejumlah mitra dalam menjalankan layanannya. Partner tersebut adalah :

    • Yayasan Rumah Rachel
    • LSM HIV lain yang memiliki layanan anak
    • Ad Familia Indonesia

    Selain itu, melalui rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2015 yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lentera Anak Pelangi telah berjejaring dalam jaringan Proklamasi Anak Indonesia (PAI). PAI terdiri lebih dari 40 lembaga dan komunitas dari berbagai isu anak seperti Rumah Faye, Sahabat Anak, Syair Untuk Sahabat, Wahana Visi Indonesia, Rumah Pohon Activity, Save The Children, dan banyak lagi.

    Sponsor

    Lentera Anak Pelangi tidak akan mampu melayani anak-anak terdampak HIV dan keluarganya bila tidak mendapat dukungan dari :

    logo